SKKNI SOFT SKILLS

SKKNI soft skills

SOFT SKILL INDONESIA fokus pada pelatihan dan pengembangan sdm berbasis SKKNI soft skills.

Tuntutan kompetensi ketenagakerjaan saat ini tidak hanya mensyaratkan keterampilan teknis yang bersifat akademik, namun juga non akademik. Dalam dunia kerja dua jenis keterampilan yang dikenal yaitu hard skills dan soft skills. Hard skills merupakan keterampilan teknis yang langsung terlihat dan dipraktikkan seperti keterampilan mengetik, merakit komputer, dan lain-lain. Sedangkan soft skills merupakan keterampilan yang tidak terlihat namun memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dalam pekerjaan secara khusus, dan di kehidupan secara umum.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan standarisasi untuk komepetensi soft skills yang berlaku dalam dunia ketenagakerjaan di Indonesia. SKKNI soft skills dituangkan melalui keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 234 tahun 2020

 

KLASTER KOMPETENSI

Efektifitas rancangan program pelatihan dan pengembangan sdm berbasis SKKNI soft skills disusun menggunakan pengelompokkan unit-unit kompetensi SKKNI soft skills kedalam beberapa klaster kompetensi. Strategi ini memungkinkan tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan sdm berbasis SKKNI soft skills berjalan dengan tematik yang terfokus

KLASTER KOMPETENSI KEPEMIMPINAN

  1. Membangun konsep diri yang positif dalam bekerja

  2. Mengembangkan kemampuan dasar dalam memimpin kelompok kecil

KLASTER KOMPETENSI KERJASAMA TIM

  1. Membangun kemampuan komunikasi yang efektif

  2. Mengembangkan kemampuan bekerjasama dalam tim

  3. Membangun kemampuan dalam pengelolaan emosi

KLASTER KOMPETENSI ETOS KERJA

  1. Meningkatkan kemampuan pengelolaan waktu sesuai tuntutan pekerjaan

  2. Membangun integritas sebagai tenaga kerja profesional

  3. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi

  4. Membentuk tanggung Jawab dan komitmen dalam bekerja

  5. Meningkatkan standar etika dan etiket di lingkungan kerja

  6. Membangun ketekunan dalam pekerjaan

  7. Mengembangkan kemampuan berinisiatif dalam bekerja

  8. Mengembangkan kemampuan menghadapi tantangan di tempat kerja

  9. Menerapkan inklusif dan kesetaraan hak di tempat kerja

  10. Menerapkan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kerja

  11. Menerapkan pencegahan tindak perundungan (bullying) di tempat kerja

  12. Meningkatkan kualitas penampilan prima

  13. Menerapkan ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R) di tempat kerja

  14. Mengembangkan kemampuan mengelola keuangan pribadi

  15. Membuat surat lamaran kerja dan wawancara kerja